6 Jenis Layanan Web Hosting yang Perlu Anda Tahu

Lanjutkan Link

Ketika kita ingin membuat sebuah website baru maka kita membutuhkan yang namanya sebuah layanan web hosting yang akan kita gunakan sebagai server website kita agar bisa diakses oleh banyak pengguna internet diseluruh didunia.

Selain hosting kita juga membutuhkan yang namanya domain sebagai alamat yang mudah di ingat dan diakses oleh pengunjung penganti dari alamat ip server website kita.

Namun pada kali ini saya tidak akan membahas tentang domain terlebih dahulu. 

Kita akan masuk ke pembahasan sebuah layanan hosting yang tersedia di internet.

Sebagai yang ingin membuat sebuah website entah dengan CMS seperti wordpress, drupal, joomla, prestashop, magento, opencard, dan berbagai CMS lainnya ataupun anda ingin membuild website sendiri dengan program CMS yang anda buat.

Mungkin anda sedikit bingung dan bertanya ketika sedang mencari layanan web hosting yang tersedia saat ini.

Web Hosting Server

Karena untuk saat ini ada berbagai macam jenis layanan web host / web server yang tersedia dan anda bisa gunakan. 

Dari berbagai jenis layanan web host tadi sebenarnya memang dibuat berbagai macam karena memang ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan menyesuaikan kebutuhan website dan target pasar yang akan dibuat.

Untuk itu agar teman-teman tidak salah pilih layanan web hosting yang anda gunakan, agar secara spesifikasi memang sesuai kebutuhan sekarang dan yang akan datang, dan anda juga tidak memilih layanan yang terlalu "over" dari segi spesifikasi sehingga menjadi pemborosan dalam budget anda membangun sebuah website.

Untuk saat ini anda akan menemui 6 jenis layanan hosting yang bisa anda beli di internet, seperti:

  • Shared Hosting
  • VPS Hosting
  • Wordpress Hosting
  • Dedicated Hosting
  • Reseller Hosting

Shared Hosting

Share hosting atau kalau kita bahasa indonesia Hosting bersama merupakan layanan web hosting paling murah dan paling dasar dari segi spesifikasi yang diberikan.

Layanan shared hosting ini bisa dikatakan merupakan layanan web hosting murah yang bisa anda beli. 

Harganya yang murah menjadi layanan ini cukup menarik untuk pemula yang ingin belajar website ataupun membuat blog dengan skala pengunjung yang tidak terlalu tinggi karena memang spesifikasi atau resource yang diberikan biasanya tidak terlalu tinggi dan harus berbagi ke pengguna lainnya.

Jadi kalau kita kiaskan dalam dunia nyata shared hosting ini seperti sebuah kamar kos yang kita sewa untuk bisa kita tinggali. 

Akan banyak limitasi yang biasanya ditentukan oleh pihak provider layanan webs hosting. Misalnya saja jika website anda mengalami lonjakan traffik yang cukup besar bisa jadi akan menyebabkan masalah pada kinerja situs seperti situs menjadi lambat atau bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Walaupun begitu tidak berarti juga shared hosting tidak layak untuk anda pakai untuk sebuah website. Untuk website kecil misal untuk blogger, pemilik usaha umkm, atau berbagai jenis situs lainnya asalkan dengan range pengunjung 10.000 sampai 20.000 kunjungan bulanan masih aman untuk menggunakan shared hosting.

Anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada layanan shared hosting yang ingin anda beli, berapa estimasi kunjungan yang bisa aman ditampung oleh paket shared hosting yang ingin anda beli.

VPS Hosting

VPS atau kependekan dari "Virtul Private Server" bisa dikatakna jenis hosting yang berada diatas dari Shared hosting. Biasanya saya sebagai seorang blogger memilih upgrade ke opsi VPS Hosting jika shared hosting yang saya gunakan pada blog saya sudah tidak mampu mengatasi traffik kunjungan yang masuk.

Ya tujuannya saya menggunakan shared hosting diawal untuk blog tidak lain untuk menghemat budget karena memang diawal blog yang saya buat biasanya pengunjung harian yang masuk masih sedikit dan masih mampu dihandle dengan baik oleh shared hosting dan kalau sudah tidak mampu lagi pengunjung sudah naik maka saya memilih opsi VPS Hosting ini.

Apa itu VPS hosting ?

Sesuai dengan namannya virtual private server, jadi memang secara teknis ini merupakan server pribadi untuk anda pakai tapi secara virtual. Maksud virual disini adalah server utama tersebut dipecah menjadi beberapa server virtual.

Jadi ini 1 server utama dipecah menjadi beberapa server secara virtual oleh penyedia web hosting agar kita bisa melakukan berbagai kustomisasi pada server website kita masing-masing.

Anda bisa mendapatkan akses root jika anda butuhkan untuk menjalankan berbagai konfigurasi kustom pada server yang anda gunakan untuk situs website anda.

VPS ini tentunya juga memberikan resource sumber daya server yang lebih bak untuk website baik dari segi cpu, ram, storage dan bandwidht sehingga situs website anda lebih aman dari traffik yang tinggi dan lebih cepat diakses dibandingkan dengan shared hosting.

Jika diumpankan maka VPS ini seperti anda menyewa sebuah apartement sendiri dimana dari kelengkapan didalamnya lebih baik dibanding anda ngekos (shared hosting). Anda bisa melakukan perubahan pada ruang-ruang yang tersedia sesuai kebutuhan anda masing-masing.

VPS ini cocok untuk website dengan traffik yang cukup tinggi yang mana sudah tidak mampu dihandle oleh shared hosting, dari segi harga juga lebih relatif terjangkau dibandingkan dengan harus menyewa dedicated server sendiri.

Wordpress Hosting

Wordpress hosting sesuai namanya hosting ini memang ditujukan dan dioptimalkan untuk penggunaan CMS wordpress pada situs web anda. 

Seperti yang kita ketahui CMS paling banyak digunakan untuk semua situs web di seluruh dunia masih dipegang oleh wordpress. Wordpress mempunyai banyak fitur-fitur yang berguna untuk membangun sebuah website ataupun blog dengan cepat dan mudah.

Walaupun memang dengan layanan hosting shared atau web hosting lain anda bisa juga menginstall CMS wordpress ini tapi secara optimasi Wordpress Hosting ini lebih optimized untuk menjalankan CMS wordpress dengan baik dan lancar.

Kelebihan yang ditawarkan dari Wordpress hosting biasanya seperti fitur keamanan yang lebih baik, cache server, staging, dan kecepatan load yang lebh cepat.

Dedicated Server

Dedicated server bisa dikatakan sebuah paket mewah untuk server hosting yang bisa anda gunakan, sesuai namannya dedicated yang dapat diartikan anda menyewa 1 buah server sendiri secara fisik untuk menjalan situs website anda.

Tidak seperti VPS yang mana 1 server masih dibagi menjadi banyak server secara virtual, dedicated ini anda menyewa 1 buah komputer server sendiri dan anda menggunakan seluruh resource yang ada.

Dengan dedicated server tentunya anda bisa melakukan berbagai konfigurasi server milik anda secara penuh dan bahkan lebih lengkap secara kustomisasi jika dibandingkan VPS.

Dari segi kecepatan akses tentunya juga cepat dan tidak perlu khawatir akan lonjakan traffik yang tinggi, situs website anda akan relatif aman dan tidak mengalami down.

Untuk dedicated server ini anda perlu pengetahuan lebih untuk kontrol berbagai hal tentang pengaturan server agar bisa sesuai dan berjalan optimal untuk kebutuhan anda mulai dari pemilihan perangkat lunak yang anda gunakan, mengatur berbagai settingan dan masih banyak lagi.

Jika di ibaratkan dedicated server ini seperti anda mempunyai sebuah rumah sendiri (rumah fisik) dimana anda punya banyak ruang, tempat, dan anda bebas mengatur semua didalamnnya sesuai dengan kenyamanan anda.

Dedicated server ini cocoku untuk anda yang ingin membangun website skala besar (perusahaan) yang mungkin situs website tersebut mendapatkan kunjungan yang besar seperti 100.000 atau lebih dalam setiap bulannya.

Cloud Hosting

Berbeda dengan jenis hosting lainnya yang menggunakan satu server untuk menjalan sebuah website. Cloudosting memberikan beberapa server untuk menjalankan sebuah website, menggunakan resource dari lebih dari satu server mampu memberkan keseimbangan dari segi load dan memaksimalkan uptime.

Dengan cloud hosting ini server hosting mampu memberikan peningkatan dari segi CPU dan RAM dengan mudah dan cepat sehingga akses time menjadi lebih cepat  karena beban server menjadi lebih seimbang dan tepat waktu dalam pembagian kinerja.

Biasanya cloud hosting menawarkan berbagai lokasi server yang berbeda sehingga situs website yang menggunakan layanan cloud hosting ini bisa mendapatkan waktu akses yang lebih cepat karena sistemnya ketika ada penggunjung yang datang akan diarahkan ke lokasi server terdekat.

Cloud hosting juga relatif aman dari downtime karena pemeliharaan server karena penggunaan beberarapa datacenter dalam satu komputasi cloud hosting inilah jadi ketika server 1 bermasalah maka tugas akan diambil alih oleh server lainnya.

Paket cloud hosting saya rasa cocok untuk situs website dengan skala bisnis menengah hingga besar bisa jadi opsi alternatif menarik selain VPS dengan kelebihan akses time yang cepat dan relatif jarang bermasalah.

Reseller Hosting

Sesuai dengan namanya ini merupakan paket untuk kita para web developer yang biasa membuat website untuk klien setiap harinya. Dengan reseller hosting ini anda bisa melakukan penjualan hosting kepada klien dengan spesifikasi dan harga yang bisa anda sesuaikan.

Reseller hosting ini memang bukan untuk semua orang, apalagi seseorang yang baru ingin membuat website atau blog pribadi. Reseller hosting bisa dikatakan sebagai lisensi white label untuk bisa membeli layanan hosting dengan harga khusus dan menjual lagi layanan tersebut kepada klien anda.

Ibarat disebua pasar maka anda reseller hosting ini seperti anda beli barang grosiran yang mana anda mendapatkan harga khusus dan bisa anda jual secara ecer dan mendapatkan margin keuntungan yang lebih besar lagi tentunya.

Dengan layanan ini anda juga bisa menyesuaikan paket hosting klien yang dibutuhkan sesuai kebutuhan situs tersebut, hal ini tentunya lebih pas dan sesuai kebutuhan dibandingkan anda membeli secara langsung yang mana biasanya paket hosting (resource) yang diberikan sudah tersedia anda hanya bisa memilih yang ada saja.

Perlu diingat layanan hosting sebuah website adalah layanan berlanggan yang dapat diartikan jika anda menggunakan reseller hosting ini untuk klien-klien website anda dapat di artikan anda mendapatkan penghasil rutin setiap bulannya.

Mungkin sampai disini anda sudah tahu perbedaan dari setiap jenis paket web hosting yang ada saat ini dan anda bisa menentukan kembali jenis paket hosting apa yang anda butuhkan dan perlukan untuk membangun situs website anda.

Semuanya kembali lagi kepada kebutuhan anda, anda bisa juga melakukan konsultas kepada pihak layanan web hosting yang ingin anda beli tentang kebutuhan dan paket mana yang pas dan sesuai.

Untuk pemilihan layanan web hosting terbaik anda bisa membaca testimoni para pengguna layanan mereka di forum-forum internet marketing ataupun sosial media karena memang biasanya review yang diberikan jujur dan apa adanya, berbeda dengan testimoni dihalaman website situs layanan hosting tersebut yang tentunya hanya ditampilkan positifnya saja.

Mungkin itu dulu pembahan dari saya tentang jenis-jenis web hosting yang ada, semoga bisa bermanfaat.